Hai Curios People! Tahukah Anda? Menurut Karl Wiig, seorang pakar KM mengatakan bahwa pengetahuan bisa dibagi berdasarkan bentuk dan jenis nya.
Adapun Bentuk Knowledge yang pertama adalah
a. Public. Public knowledge ini adalah pengetahuan yang tersedia secara umum. Dalam hal ini, pengetahuan yang bersifat explicit.
Yang kedua adalah
b. Shared expertise. Pengetahuan ini melekat pada seseorang yang disebut “ahli” atau “expert” pada bidang tertentu. Biasanya bentuk pengetahuan ini beredar dalam sebuah komunitas yang tertarik pada bidang- bidang tertentu.
Yang ketiga adalah
c. Personal knowledge. Knowledge ini merupakan jenis pengetahuan yang bersifat tacit, melekat dalam diri seseorang, dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau pekerjaan rutin.
Lalu bagaimana dengan jenis nya? jenis yang pertama adalah
a. Factual. Knowledge ini berkaitan erat dengan data-data, pengukuran, dan hal-hal lain yang bisa diverifikasi keberadaannya.
Yang kedua adalah
b. Conceptual. Knowledge ini merupakan pengetahuan yang konseptual, terkait tata aturan tertentu, atau mengenai sistematika tertentu, mengidentifikasi pola atau hubungan yang tidak nampak dengan jelas.
yang ketiga adalah
c. Expectational, yaitu pengetahuan yang bersifat hipotesis. Hal ini merupakan hasil dari pengalaman yang panjang sehingga tidak jarang pengetahuan jenis ini bersifat intuitif.
dan yang terakhir adalah
d. Methodological. Knowledge ini merupakan bentuk pengetahuan yang paling kompleks karena melibatkan strategi dan teknik pengambilan keputusan. Dalam methodological, penge- tahuan dibangun atas konsep dasar logika yang kuat dan berdasarkan hasil pengamatan pada masa lalu sehingga mampu memprediksi kejadian pada masa mendatang.
Source : andhara.com
KURIOS adalah sebuah brand dari dari PT Ugo Aruna Intelegensia (Urgensia) yang berasal dari kata bahasa inggris ‘Curios’ yang berarti ‘tertarik ingin tahu atau penasaran’. Kata – kata ‘interminable learning’ dibelakang kata KURIOS, juga memiliki arti bahwa kita sebagai insan yang diberi kesempatan untuk berkarya di dunia ini, harus senantiasa terus menerus menggali potensi diri dengan menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan.